MENGENAL TEMPAT PEMROSESAN AKHIR SAMPAH (TPA)- Bagian #1

Belum lama ini Tim FCG Consulting berkesempatan untuk melakukan observasi atau studi kegiatan pengelolaan sampah di TPA (Tempat Pemrosesan Akhir) Galuga yang terletak di bagian barat wilayah Kabupaten Bogor tepatnya di Galuga, Cibungbulang Kecamatan Leuwiliang.

Melihat gambaran yang terlihat secara langsung di lapangan, tim memandang kegiatan pengelolaan sampah di TPA Galuga khususnya yang ditangani oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor belum sepenuhnya memenuhi persayaratan teknis sebagaimana diatur dalam Permen PU Nomor 3 Tahun 2013 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Prasaranan dan Sarana Persampahan dalam Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.


Kunjungan studi ini dilakukan untuk melihat secara umum penanganan sampah yang diterima di TPA yang berasal dari tahap pengelolaan sampah sebelumnya, khususnya yang telah melalui proses penanganan di tingkat TPS (Tempat Pengolahan Sampah) 3 R yang telah banyak diselenggarakan di wilayah Bogor. Tim berkeinginan mencari benang merah antara pengelolaan sampah di sumber timbulan sampah (masyarakat) kemudian melalui proses di TPS dan akhirnya sampai di TPA. Output dari studi ini adalah untuk meneliti status keberlanjutan kegiatan TPS 3R yang telah dikembangkan.

Dalam tulisan ini selanjutnya, Tim bermaksud menggambarkan kriteria-kriteria umum penyelenggaraan TPA yang memenuhi syarat teknis operasional berdarsarkan ketentuan yang berlaku dan tinjauan ilmiah yang bersumber dari berbagai informasi yang diperoleh Tim.

Sumber foto : Liputan6.com/merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *