JENIS RENCANA KEGIATAN WAJIB MEMILIKI ANALISIS MENGENAI DAMPAK LINGKUNGAN HIDUP /AMDAL (BAGIAN-2)

Tata Cara Penapisan Wajib Tidaknya Rencana Usaha dan/atau Kegiatan Wajib Memiliki AMDAL

Sesuai dengan PermenLH 05 tahun 2012 ini, tata cara penapisan suatu rencana usaha dan/atau kegiatan wajib memiliki Amdal atau tidak adalah sebagai berikut:

  • Pemrakarsa mengisi ringkasan informasi awal atas rencana usaha dan/atau kegiatan yang diusulkan. Lokasi rencana usaha dan/atau kegiatan wajib sesuai dengan rencana tata ruang yang berlaku dan Peta Indikatif Penundaan Izin Baru yang ditetapkan melalui Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2011.
  • Melakukan uji ringkasan informasi dengan daftar jenis rencana usaha dan/atau kegiatan yang wajib memiliki amdal (Lampiran I)
  • Apabila rencana usaha dan/atau kegiatan yang diusulkan atau terdapat usaha dan/atau kegiatan pendukung atas usaha dan/atau kegiatan yang diusulkan yang termasuk dalam daftar pada lampiran I, maka terhadap rencana usaha dan/atau kegiatan yang diusulkan, disimpulkan wajib memiliki amdal.
  • Apabila rencana usaha dan/atau kegiatan yang diusulkan atau terdapat usaha dan/atau kegiatan pendukung atas usaha dan/atau kegiatan yang diusulkan yang tidak termasuk dalam daftar pada lampiran I, maka dilakukan uji lokasi rencana usaha dan/atau kegiatan apakah lokasi tersebut berada di dalam dan/atau berbatasan langsung dengan kawasan lindung. Daftar kawasan lindung menggunakan daftar kawasan lindung pada Lampiran III (kawasan lindung dimaksud wajib ditetapkan sesuai ketentuan peraturan perundangan) dan menggunakan kriteria berbatasan langsung dengan kawasan lindung (Pasal 3 ayat (3)).
  • Apabila rencana usaha dan/atau kegiatan yang diusulkan atau terdapat usaha dan/atau kegiatan pendukung atas usaha dan/atau kegiatan yang diusulkan yang tidak berada di dalam dan/atau berbatasan langsung dengan kawasan lindung, maka terhadap rencana usaha dan/atau kegiatan yang diusulkan, disimpulkan wajib memiliki UKL-UPL atau SPPL.
  • Apabila rencana usaha dan/atau kegiatan yang diusulkan atau terdapat usaha dan/atau kegiatan pendukung atas usaha dan/atau kegiatan yang diusulkan yang berada di dalam dan/atau berbatasan langsung dengan kawasan lindung, maka dilakukan uji ringkasan informasi dengan kriteria pengecualian atas jenis daftar jenis rencana usaha dan/atau kegiatan yang wajib dilengkapi dengan amdal yang berada dalam dan/atau berbatasan langsung dengan kawasan lindung (Pasal 3 ayat (4)).
  • Apabila rencana usaha dan/atau kegiatan yang diusulkan atau terdapat usaha dan/atau kegiatan pendukung atas usaha dan/atau kegiatan yang diusulkan yang termasuk dalam kriteria pengecualian dalam Pasal 3 ayat (4), maka terhadap rencana usaha dan/atau kegiatan yang diusulkan, disimpulkan wajib memiliki UKL-UPL atau SPPL.
  • Apabila rencana usaha dan/atau kegiatan yang diusulkan atau terdapat usaha dan/atau kegiatan pendukung atas usaha dan/atau kegiatan yang diusulkan yang tidak termasuk dalam kriteria pengecualian dalam Pasal 3 ayat (4), maka terhadap rencana usaha dan/atau kegiatan yang diusulkan, disimpulkan wajib memiliki Amdal.

Daftar Jenis Rencana Usaha dan/atau Kegiatan yang Wajib Memiliki Amdal

Jenis rencana usaha dan/atau kegiatan yang wajib memiliki Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup (Amdal) ditetapkan berdasarkan:

1-Potensi dampak penting Potensi dampak penting bagi setiap jenis usaha dan/atau kegiatan tersebut ditetapkan berdasarkan:

  • besarnya jumlah penduduk yang akan terkena dampak rencana usaha dan/atau kegiatan;
  • luas wilayah penyebaran dampak;
  • intensitas dan lamanya dampak berlangsung;
  • banyaknya komponen lingkungan hidup lain yang akan terkena dampak;
  • sifat kumulatif dampak;
  • berbalik atau tidak berbaliknya dampak; dan
  • kriteria lain sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; dan/atau
  • referensi internasional yang diterapkan oleh beberapa negara sebagai landasan kebijakan tentang Amdal.

2-Ketidakpastian kemampuan teknologi yang tersedia untuk menanggulangi dampak penting negatif yang akan timbul.

Dengan demikian pembagian jenis usaha/kegiatan jika dilihat dari jenis dolumen lingkungan hidup yang harus dimiliki dijelaskan dengan ilustrasi sebagai berikut :

(Disclaimer : Sumber utama tulisan dari Danang, dkk, IPB, 2016 dan dari berbagai sumber; sumber foto : www.aktual.com )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *