Jenis Rencana Kegiatan Wajib Memiliki Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup /AMDAL (BAGIAN-1)

Menurut Pasal 22 Undang-undang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (UUPPLH) Nomor 32 Tahun 2009 ayat (1) Setiap usaha dan/atau kegiatan yang berdampak penting terhadap lingkungan hidup wajib memiliki amdal. Kemudian dalam Pasal 24 UUPPLH dokumen amdal sebagaimana dimaksud dalam Pasal 22 merupakan dasar penetapan keputusan kelayakan lingkungan hidup.

Pasal 23 Ayat (2) UUPPLH menyatakan ketentuan lebih lanjut mengenai jenis usaha dan/atau kegiatan yang wajib dilengkapi dengan amdal sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dengan peraturan Menteri. Secara rinci kemudian diatur di dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup (PerMenLH) No. 05 Tahun 2012 tentang Jenis Rencana Usaha atau Kegiatan yang Wajib Memiliki Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup.

Adapun keseluruhan instrumen Pencegahan Pencemaran dan/atau Kerusakan Lingkungan Hidup (UU 32/2009) digambar dalam skema sebegai berikut :

Menurut UUPLH 32 Tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah (PP)Nomor 27 Tahun 2012, analisis mengenai dampak lingkungan hidup, yang selanjutnya disebut Amdal, adalah kajian mengenai dampak penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan.

Sementara ketentuan-ketentuan tentang Amdal diuraikan dalam skema berikut :

Dalam Pasal 23 ayat 2 UU 32 tersebut disebutkan bahwa ketentuan lebih lanjut mengenai jenis usaha dan/atau kegiatan yang wajib dilengkapi dengan amdal diatur dengan peraturan Menteri.

Penentuan kriteria wajib AMDAL, saat ini, Indonesia menggunakan/menerapkan penapisan satu langkah dengan menggunakan daftar kegiatan wajib AMDAL (one step scoping by pre request list). Daftar kegiatan wajib AMDAL dapat dilihat di Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 05 Tahun 2012 sebagai pengganti Nomor 11 Tahun 2006. Apabila kegiatan tidak tercantum dalam peraturan tersebut, maka wajib menyusun UKL-UPL.

Bersambung …..

Sumber foto : www.medcom.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *