PELATIHAN (TRAINING) Sistem Verifikasi dan Legalitas Kayu (SVLK)

PENDAHULUAN

Sistem Verifikasi dan Legalitas Kayu (SVLK) merupakan sistem pelacakan yang disusun secara multistakeholder untuk memastikan legalitas sumber kayu yang beredar dan diperdagangkan di Indonesia. SVLK dikembangkan untuk mendorong implementasi peraturan pemerintah yang berlaku terkait perdagangan dan peredaran hasil hutan yang legal di Indonesia.

SVLK bertujuan memastikan agar semua produk kayu yang beredar dan diperdagangkan di Indonesia memiliki status legalitas yang meyakinkan. Konsumen di luar negeri pun tidak perlu lagi meragukan legalitas kayu yang berasal dari Indonesia. Unit manajemen hutan tidak khawatir hasil kayunya diragukan keabsahannya. Industri berbahan kayu yakin akan legalitas sumber bahan baku kayunya sehingga lebih mudah meyakinkan para pembelinya di luar negeri.

Ini merupakan bagian dari Komitmen Pemerintah Indonesia dalam memerangi pembalakan liar dan perdagangan kayu illegal yang juga didukung oleh pelaku usaha terkait serta sebagai perwujudan good forest governance menuju pengelolaan hutan lestari.

TUJUAN


Tujuan pelatihan adalah sebagai berikut :

  1. Memahami pentingnya SVLK dan Peraturan Menteri Kehutanan Republik Indonesia terkait.
  2. Memahami persyaratan persyaratan SVLK sesuai peraturan yang berlaku paling mutakhir.
  3. Memahami tahapan dan strategi penerapan SVLK menurut peraturan terbaru.

Baru- baru ini FOCUS Consulting Group bekerjasama dengan PT Tanjungenim Lestari Pulp & Paper serta Perum Perhutani melakukan Pelatihan terkait Sistem Verifikasi Legalitas Kayu. Dengan kompetensi tenaga ahli yang dimiliki, FOCUS Consulting Group siap membantu dalam kegiatan seperti ini jika ada instansi/lembaga/ perusahaan yang membutuhkan. Kami siap bekerja dalam standar profesionalisme yang tinggi.

INFORMASI :
Untuk memperoleh informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Telp : 021-29077736,  WA/HP/SMSS : 08128791563
Email : fcgconsulting.info@gmail.com

Sumber foto : www.dkn.or.id

Formulir minat pelatihan :