ANALISIS HIDROLOGI DAN PEIL BANJIR

Sebagaimana dipahami, dengan adanya rencana pembangunan di suatu kawasan tertentu, akan timbul dampak peningkatan air larian sebagai akibat dari tertutupnya lahan oleh bangunan. Peningkatan air larian akan menimbulkan akibat berupa berkurangnya kapasitas badan air atau bahkan mengakibatkan banjir di bagian hilir.  Oleh karena itu, diperlukan upaya-upaya pencegahan dampak peningkatan air larian sehingga rencana pembangunan yang akan dilaksanakan tidak akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

Salah satu upaya pencegahan akibat dari air larian adalah dengan melalui konsep zero discharge (dikenal juga dengan istilah zero run off), dimana air larian yang timbul diupayakan tidak masuk atau seminimal mungkin masuk ke saluran drainase atau badan air di luar area kegiatan. Untuk itu, agar konsep zero discharge dapat dilaksanakan, maka diperlukan suatu Analisis Hidrologi untuk mengkaji akibat dari aspek hidrologinya.  Selain itu, untuk menentukan ketinggian lantai dasar bangunan yang aman dari banjir, maka diperlukan analisis Peil Banjir.

Analisis Hidrologi dan Peil Banjir selanjutnya akan menjadi dasar untuk dikeluarkannya rekomendasi penataan drainase dan Peil Banjir sebagai bagian dari persyaratan perijinan. Dalam beberapa situasi, studi ini terkait erat dengan tindak lanjut dari implementasi AMDAL dan UKL-UPL.

Maksud dan tujuan dari Analisis Hidrologi adalah sebagai berikut:

  • Menganalisis pola curah hujan di lokasi rencana kegiatan sebagai dasar penentuan intensitas hujan.
  • Memberikan arahan penataan drainase di lokasi rencana kegiatan untuk dapat mencegah  timbulnya banjir dan genangan di sekitar lokasi kegiatan.
  • Merencanakan ketinggian lantai dasar bangunan (Peil Banjir) untuk menghindari kejadian banjir dilokasi kegiatan.

Saat ini Tim FOCUS Consulting Group tengah disibukkan untuk melakukan studi-studi hidrologi dan peil banjir  di wilayah JABODETABEK. Dengan kompetensi tenaga ahli yang dimiliki, FOCUS Consulting Group siap membantu melakukan studi-studi seperti ini jika ada instansi/lembaga/perusahaan yang membutuhkan. Kami siap bekerja dalam standar profesionalisme yang tinggi.

INFORMASI :
Untuk memperoleh informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Telp : 021-29077736,  WA/HP/SMSS : 08128791563
Email : fcgconsulting.info@gmail.com

Sumber foto : elshinta.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *