OLYMPUS DIGITAL CAMERA

KONSULTANSI Penerapan ISO 9001 dan ISO 14001

PENGANTAR

1.  Umum

Memahami tren dan tuntutan pasar yang terus berkembang, maka cepat atau lambat perusahaan akan dituntut untuk lebih dinamis dalam mengadopsi berbagai standar (nasional ataupun internasional) yang berkenaan dengan produk maupun sistem manajemen.  Untuk itulah fleksibilitas dan simplifikasi sistem manajemen yang ada di perusahaan boleh jadi merupakan suatu keharusan.

Saat ini perusahaan tidak hanya dituntut untuk bisa merespon tuntutan yang muncul sesaat, tetapi lebih dari itu perusahaan dituntut juga untuk mampu secara konsisten mempertahankan dan meningkatkan kinerja mutu dan lingkungan yang telah dicapainya secara berkesinambungan. Oleh sebab itu penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 dan Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001 diyakini akan memperkuat ketahanan industri dari dalam (internal perusahaan).

2.  Integrasi Sistem Manajemen

Sebagai sebuah sistem manajemen standar ISO 9001 maupun ISO 14001 tentu saja memiliki banyak kesamaan, apalagi dengan akan terbitnya versi terakhir dari SO 14001 dan ISO 9001 semakin kuat kompatibilitasnya, sehingga terdapat peluang besar untuk dapat mengintegrasikan keduanya.

Peluang yang memungkinkan integrasi kedua sistem ini setidaknya dapat dilihat dari struktur standar dan pendekatan-pendekatan yang melandasi kedua sistem ini serta persyaratan dokumentasi bagi kedua sistem. Walaupun ISO 14001 tidak secara eksplisit memperkenalkan prinsip-prinsip manajemen yang melandasinya, tetapi sesungguhnya 8 prinsip manajemen yang melandasi ISO 9001 juga terakomodasi di dalam persyaratan standar ISO 14001.

MAKSUD DAN TUJUAN

Secara umum proposal ini dimaksudkan untuk membantu PERUSAHAAN dalam menyiapkan implementasi ISO 14001 Versi 2004 dan ISO 9001 versi 2008 sehingga siap menghadapi sertifikasi dari lembaga sertifikasi system manajemen.

Secara spesifik, layanan program konsultansi ini  bertujuan untuk :

  • Membantu perusahaan dalam memahami standar ISO 9001 dan ISO 14001 yang akan diterapkan.
  • Membantu perusahaan mengidentifikasi ruang lingkup, peran dan tanggung jawab, kebutuhan dokumentasi, dan sebagainya.
  • Membantu dan memberi bimbingan saat sistem siap diimplementasikan secara terintegrasi.
  • Memberi bimbingan teknis agar system berjalan efektif dan efisien.
  • Melatih dan mendampingi tim auditor yang ditunjuk secara internal.
  • Menilai kesiapan menghadapi sertifikasi.
  • Membantu melakukan tindakan koreksi jika ada temuan saat sertifikasi.

INFORMASI
Untuk memperoleh informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Telp/Fax : 021-29077736/38,  SMS : 08128791563
Email : fcgconsulting@yahoo.com